Headlines

Merancang Untuk Pasien Anak Dengan Kondisi Kompleks

Klinik Perawatan Komprehensif Anak Dell, Texas

Klinik Perawatan Komprehensif Anak Dell di Austin, Texas, melayani populasi unik anak-anak dengan kondisi medis kronis, disabilitas berat, dan kebutuhan khusus. Pasien muda ini membutuhkan perawatan yang sering dan ekstensif untuk kondisi kompleks seperti kelumpuhan otak, autisme, dan cacat fisik; banyak juga yang mengandalkan alat bantu medis seperti kursi roda, kereta dorong kursi roda, selang makanan, dan ventilator.

Orang tua, pengasuh, anggota keluarga, dan perawat tugas pribadi sering menemani anak-anak ini ke klinik. Kunjungan ini biasanya berlangsung beberapa jam karena keluarga bertemu dengan tim multidisiplin yang terdiri dari penyedia perawatan primer, ahli gizi, pekerja sosial, dan navigator perawat yang membantu mengkoordinasikan perawatan.

Selama lima tahun, klinik tersebut beroperasi di etalase sewaan di Austin. Namun, ruang pemeriksaan fasilitas yang kecil tidak dapat dengan nyaman menampung semua peralatan khusus, orang, dan penyedia layanan yang terlibat dalam perawatan setiap anak—menambah beban ekstra pada pertemuan yang membuat stres.

Kesempatan beruntung dengan Rosedale School, bagian dari Austin Independent School District (AISD), memberikan solusi untuk kebutuhan klinik.

Kemitraan kesehatan/sekolah

Pada tahun 2017, distrik sekolah meluncurkan program jaminan untuk membiayai pembangunan Sekolah Rosedale baru untuk menggantikan fasilitas lama dari tahun 1930-an.

Mencari kemitraan lokal yang dapat memperkuat hubungan sekolah dengan komunitas berkebutuhan khusus, distrik beralih ke Klinik Perawatan Komprehensif Anak Dell, yang telah melayani sekitar 25 persen siswa Rosedale.

Diminta oleh orang tua dari anak-anak yang dilayani oleh kedua fasilitas tersebut, AISD memperluas program ikatannya untuk mendanai ruang tambahan di sekolah baru untuk Dell Children’s Medical Center, bagian dari Ascension Medical Group, untuk memindahkan kliniknya ke sana. Proyek ini akan menyatukan layanan kesehatan dan pendidikan dalam satu gedung yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus anak-anak ini.

Distrik melibatkan Page (Austin), firma desain, arsitektur, dan teknik layanan lengkap, untuk merancang gedung sekolah seluas 78.000 kaki persegi dan klinik seluas 18.000 kaki persegi, yang memiliki 11 ruang ujian, tiga ruang konsultasi, ruang prosedur, ruang infus, dan ruang tes neuropsikologi.

“Meskipun klinik dan sekolah harus memiliki akomodasi yang lebih terspesialisasi daripada yang Anda miliki di fasilitas medis atau pendidikan standar, mereka tidak ingin terlihat seperti institusional,” kata Chad Johnson, kepala asosiasi di Page dan direktur sektor akademik PK-12-nya.

Sebagai ayah dari seorang siswa Rosedale yang juga seorang pasien di klinik tersebut, Johnson memahami bahwa kunjungan ke klinik seringkali ekstensif dan membuat stres. “Kami harus membuat visi untuk jenis klinik yang benar-benar berbeda dari yang pernah dialami komunitas ini sebelumnya untuk memberikan perawatan menyeluruh yang kolaboratif.”

Tujuan dari klinik yang dibuka pada Agustus 2022 ini adalah untuk menciptakan fasilitas yang luas dan menyenangkan yang terasa hangat dan ramah, bukan dingin dan klinis. “Ada begitu banyak keterlibatan medis dalam kehidupan anak-anak ini,” kata Kendall Sharp, administrator praktik di Dell Children’s Comprehensive Care Clinic, “jadi kami sangat sengaja mencoba untuk menghilangkan medikalisasi ruang ini.”

Merancang koneksi klinik

Selain melayani para siswa di Sekolah Rosedale, klinik pediatrik menyediakan layanan medis untuk anak-anak dari komunitas yang lebih besar. Saat mendesain ruangan, Page harus mempertimbangkan dari mana anak-anak berasal—menyediakan akses “pintu belakang” yang nyaman bagi siswa di dalam gedung sembari mempertahankan pintu masuk yang terpisah dan aman bagi keluarga yang datang dari luar sekolah.

Tempat parkir khusus mencegah kebingungan pada saat kedatangan, dengan lalu lintas masuk dari jalan yang berbeda untuk mengakses setiap tujuan. Klinik lantai dua menjorok keluar dari tempat pemberhentian bus di belakang sekolah, menciptakan jembatan layang yang membentangkan menara pintu masuk klinik dari bangunan lainnya.

Memanfaatkan elevasi klinik dan lanskap pepohonan di sekitarnya, tim desain menciptakan tema rumah pohon yang menggunakan warna dan sentuhan akhir yang terinspirasi dari alam untuk menghadirkan suasana luar ruangan. Banyak pasien penyandang disabilitas di klinik “kemungkinan besar tidak benar-benar terhubung dengan orang-orang hebat ruang Austin sebanyak yang mereka suka, “kata Johnson,” jadi kami ingin memasukkannya ke dalam bangunan dengan menciptakan koneksi ke alam.

Tema ini dimulai di tangga, dengan ceruk berbentuk rumah lucu yang dipotong ke dinding di bawah tangga dan langit-langit runcing yang ditutupi bilah biru langit yang memberikan akustik yang membingungkan. Instalasi seni lokal yang menampilkan pemandangan alam menyambut pasien saat mereka memasuki ruang tunggu klinik, di mana warna biru dan hijau yang menenangkan memperkuat hubungan dengan alam.

Konsep rumah pohon berlanjut di ruang tunggu dengan detail arsitektur yang dirancang meniru pemandangan puncak pohon. Gugusan lampu berbentuk bola dunia menyerupai awan, dan lingkaran hijau besar di atas meja resepsionis menyimulasikan kanopi pohon, kata Natale Stephens, kepala asosiasi dan perencana kesehatan di Page.

Kanopi ini menggantung di setiap ruang perawat dan meja penerima tamu di seluruh klinik, membangun “landmark yang membantu pencarian arah,” katanya.

Bagian depan meja penerima tamu memiliki potongan melengkung, memperlihatkan aksen hijau yang meniru bukit-bukit. Detail ini memberikan daya tarik visual setinggi mata anak-anak dan menawarkan solusi kreatif untuk menampung anjing terapi klinik, Solo, “di mana ia dapat terlihat dari ruang tunggu melalui jendela di bawah meja, tetapi tidak dapat diakses secara fisik oleh anak-anak,” Stephens kata.

Merancang ruang tunggu untuk populasi pasien yang berbeda

Untuk mengakomodasi berbagai jenis kunjungan klinik serta populasi pasien yang beragam—termasuk anak-anak yang memiliki tantangan neurokognitif yang mempersulit duduk di ruang tunggu yang sibuk—tim proyek merancang berbagai pengalaman menunggu di dekat pintu masuk klinik.

Ini termasuk ruang tunggu utama yang terbuka dan ruang tunggu tertutup yang terpisah untuk anak-anak yang sakit. Ruang tunggu ketiga menyediakan gangguan sensorik seperti proyeksi audio-visual interaktif, pelapis dinding bertekstur, dan pintu kabinet yang ditutupi labirin pabrik untuk dilacak oleh jari-jari gelisah.

“Kami mencoba melengkapi klinik dengan banyak pengalaman sensorik, seni interaktif, dan mainan, jadi meskipun seorang anak memiliki gangguan penglihatan atau pendengaran, mereka dapat memiliki benda-benda taktil untuk berinteraksi,” kata Sharp.

Tim desain juga memasukkan peralatan sensorik di ruang tunggu pasien dan area lain di seluruh klinik untuk membuat pasien dan saudaranya sibuk.

“Anak-anak lebih tenang karena tingkat paparan sensorik disesuaikan dengan kebutuhan mereka,” kata Dr. Rahel Berhane, direktur medis di Dell Children’s Comprehensive Care Clinic. “Akibatnya, orang tua lebih santai, dan percakapannya tidak terlalu menegangkan.”

Ruang klinis dan staf kolaboratif

Dibandingkan dengan fasilitas yang gelap dan sempit yang sebelumnya menjadi tempat klinik, lokasi baru ini terbuka, luas, dan terang—bahkan ketika cahaya alami terbatas. Untuk menerangi koridor interior yang mengarah ke ruang ujian, misalnya, Page memasang lightbox khusus di ujung aula, dengan puncak runcing untuk menggemakan tema rumah pohon.

Untuk mencerahkan ruang ujian—beberapa di antaranya memiliki jendela kecil atau tidak berjendela sama sekali—para desainer menggunakan warna-warna pastel yang menenangkan pada dinding dan karya seni yang menggambarkan pemandangan alam. “Kami ingin membuat klinik seterang dan seluas mungkin, terutama dibandingkan dengan lingkungan mereka sebelumnya,” kata Stephens dari Page.

Selain itu, ruang yang menghadap pasien berukuran untuk menampung hingga 10 orang—menyediakan banyak ruang untuk semua anggota keluarga dan perawat yang menemani setiap pasien serta alat bantu apa pun yang mereka bawa.

Dengan tim yang terdiri dari sekitar 50 karyawan, termasuk 20 navigator perawat, Klinik Perawatan Komprehensif Anak Dell menggunakan perluasan yang sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan model perawatan komprehensif baru. Ini ada di ruang klinis serta kantor belakang rumah.

Klinik tersebut hanya melayani pasien dengan setidaknya tiga kondisi medis yang rumit, jadi “tingkat perawatan yang dibutuhkan anak-anak ini mengharuskan seluruh tim berada di halaman yang sama,” kata Sharp. “Pengasuh bertekad untuk tidak memiliki ruang tertutup yang terpisah karena ada begitu banyak berbagi pengetahuan yang terlibat dalam pengasuhan anak-anak ini.”

Alih-alih kantor individu, penyedia perawatan primer berbagi satu ruang kerja besar dan terbuka di mana mereka dapat dengan mudah bekerja dalam tim. Selain itu, navigator perawat berbagi yang lain. Ruang istirahat kecil yang disebut “bilik telepon” menyediakan ruang untuk kunjungan virtual pribadi.

“Dengan berbagi ruang kantor, berbagi pengetahuan terjadi secara organik,” ujar Sharp, “sehingga semua penyedia tahu apa yang terjadi dengan anak-anak ini.”

Ruang baru memungkinkan koordinasi perawatan kolaboratif dari tim spesialis multidisiplin dalam lingkungan yang menyenangkan yang dirancang di sekitar pendekatan unik klinik untuk perawatan komprehensif. Dengan bermitra dengan sekolah sekitar untuk melayani populasi khusus ini, klinik tersebut memulai model baru yang sinergis yang dapat direplikasi oleh organisasi lain untuk mengoptimalkan perawatan yang kompleks.

“Seringkali, orang harus mengubah alur kerja agar sesuai dengan ruang yang mereka sewa, tetapi ruang ini dirancang khusus agar kami dapat bekerja secara efisien,” kata Berhane. “Bagian dari hubungan terapeutik ditentukan oleh bagaimana ruang terasa, dan ruang ini dirancang untuk membuat orang merasa nyaman. Itu meningkatkan seluruh pengalaman.

Merasa diterima

Dari detail rumah pohon yang menyenangkan dan gangguan sensorik di ruang tunggu hingga ruang ujian yang lebih luas dan stasiun kerja kolaboratif, klinik baru ini dirancang berdasarkan kebutuhan unik anak-anak yang dilayaninya. Saat keluarga mengunjungi fasilitas itu sekarang, kata Johnson, mereka akhirnya merasa betah.

“Meskipun banyak rasa frustrasi datang bersamaan dengan perawatan ekstensif yang membawa mereka ke klinik, mereka merasa disambut, seperti telah dipikirkan dengan matang,” katanya. “Mereka sudah merasakan kepedulian itu dari para dokter, tetapi sekarang fasilitas itu juga mencerminkan kepedulian itu.”

Brooke Bilyj adalah penulis lepas dan pemilik Bantamedia di Cleveland. Dia bisa dihubungi di [email protected].

Detail proyek untuk Klinik Perawatan Komprehensif Anak Dell

Lokasi proyek: Austin, Texas

Tanggal penyelesaian: Agustus 2022

Pemilik: Dell Children’s Medical Center, bagian dari Ascension Medical Group

Total luas bangunan: 17.000 kaki persegi.

Total biaya konstruksi: $4,5 juta

Biaya/persegi kaki.: T/A

Arsitektur: Halaman

Desain interior: Halaman

Kontraktor umum: Rogers O’Brien

Rekayasa: Halaman

Detail proyek disediakan oleh tim desain dan tidak diperiksa oleh Desain Perawatan Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *