Headlines

Cara Mencegah Penyakit Kutu dan Nyamuk

Kutu dan nyamuk tidak hanya mengganggu Anda — mereka juga dapat menularkan kuman berbahaya yang menyebabkan penyakit. Untuk melindungi diri Anda sendiri, penting untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap penyakit yang ditularkan oleh kutu dan nyamuk.

Penyakit yang ditularkan melalui vektor semakin lazim di Amerika Serikat, dengan kutu dan nyamuk sebagai pembawa virus, bakteri, dan parasit yang menyebabkan berbagai penyakit. Beberapa contoh umum penyakit yang ditularkan melalui vektor di AS termasuk penyakit Lyme, penyakit virus West Nile, dan Anaplasmosis.

Terlepas dari lokasi Anda, gigitan nyamuk dan kutu dapat terjadi di mana saja, termasuk halaman belakang Anda sendiri. Individu tertentu menghadapi risiko lebih tinggi tertular penyakit ini karena perilaku atau lokasi geografis mereka, yang membuat mereka terpapar kutu dan nyamuk.

Selain itu, kelompok tertentu, seperti orang dewasa yang lebih tua dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah, lebih rentan terhadap bentuk penyakit yang parah. Memahami tingkat risiko Anda dapat membantu Anda mengantisipasi pertemuan dengan kutu dan nyamuk dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Berikut adalah beberapa langkah penting yang direkomendasikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk Anda lakukan untuk melawan gigitan:

Sebelum melangkah keluar:

Gunakan pengusir serangga yang terdaftar di EPA. Gunakan penolak serangga terdaftar Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) yang mengandung bahan aktif seperti DEET, Picaridin, IR3535, Minyak lemon eucalyptus (OLE), Para-menthane-diol (PMD), atau 2-undecanone. Penolak serangga yang terdaftar di EPA terbukti aman dan efektif, bahkan untuk ibu hamil dan menyusui, bila digunakan sesuai petunjuk.

Kenakan pakaian longgar dan panjang. Hentikan gigitan kutu dan nyamuk dengan menutupi kulit Anda dengan baju lengan panjang dan celana panjang.

Rawat pakaian dan perlengkapan dengan permetrin. Produk yang mengandung permetrin 0,5%, digunakan untuk merawat sepatu bot, pakaian dan perlengkapan, efektif membunuh dan mengusir kutu dan nyamuk.

Hindari area yang bersisik. Kutu tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan lembap, terutama di area berumput, semak, atau berhutan. Berhati-hatilah selama aktivitas di luar ruangan, di dekat rumah Anda, atau saat berjalan melewati serasah daun atau area semak belukar. Hindari lokasi berhutan dan semak dengan rerumputan tinggi dan serasah daun. Tetap berpegang pada jalur untuk meminimalkan kontak dengan kutu.

Lindungi anjing dari kutu. Karena anjing sangat rentan terhadap gigitan kutu dan penyakit yang ditularkan melalui kutu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengidentifikasi produk terbaik untuk hewan peliharaan Anda sepanjang tahun.

Setelah masuk ke dalam ruangan:

Selalu periksa kutu. Kutu berukuran kecil dan dapat dengan mudah luput dari perhatian. Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada tubuh, anak-anak, dan hewan peliharaan Anda setelah menghabiskan waktu di luar rumah, bahkan di halaman belakang rumah Anda. Gunakan cermin genggam atau cermin ukuran penuh untuk memeriksa semua bagian tubuh dan segera singkirkan kutu yang Anda temukan. Menurut CDC, Anda harus memperhatikan area tempat kutu biasanya bersembunyi:

  • Di bawah lengan
  • Di dalam dan di sekitar rambut dan telinga
  • Di dalam pusar
  • Bagian belakang lutut
  • Di antara kaki
  • Di sekitar pinggang

Mandi. Mandi setelah masuk ke dalam ruangan telah terbukti mengurangi risiko penyakit Lyme dan penyakit bawaan kutu lainnya karena membantu menghilangkan kutu yang tidak menempel. Ini juga memungkinkan Anda melakukan pemeriksaan centang secara menyeluruh.

Jemur pakaian. Kutu dapat mencari tumpangan ke rumah Anda dengan pakaian. Untuk menghilangkan kutu pada pakaian kering, letakkan di pengering dengan api besar setidaknya selama 10 menit. Pakaian lembab membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika diperlukan pencucian, pilih air panas karena air dingin atau suhu sedang tidak membunuh kutu.

Mengontrol nyamuk di dalam dan di luar rumah Anda:

Gunakan AC dan layar. Jauhkan nyamuk di luar rumah Anda dengan menggunakan AC dan layar yang dipasang dengan benar di jendela dan pintu.

Hilangkan genangan air. Cegah nyamuk bertelur di atau dekat sumber air. Secara teratur kosongkan, gosok, balikkan, tutupi, atau buang barang-barang yang mengumpulkan air, seperti ban, ember, pekebun, mainan, kolam, tempat mandi burung, tatakan pot bunga, atau tempat sampah. Lakukan tindakan ini setiap minggu.

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko tertular penyakit yang ditularkan melalui kutu dan nyamuk. Tetap waspada dan ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri Anda dan keluarga Anda dari efek berbahaya dari vektor ini.

Ingat, pencegahan adalah kunci dalam perang melawan penyakit yang ditularkan oleh kutu dan nyamuk.

Diterbitkan oleh Medicaldaily.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *